Senin, 07 November 2016

GRAFIK
Sumber Rujukan:

Grafik adalah penyajian data yang terdapat dalam table yang ditampilkan ke dalam bentuk gambar. Selain itu grafik juga dapat diartikan sebagai suatu kombinasi data-data baik berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan, yang disajikan dalam sebuah media dengan tujuan memberikan gambaran tentang suatu data dari penyaji materi kepada para penerima materi dalam proses menyampaikan informasi.
Karakteristik grafik yaitu:
1.      Memiliki koordiant X dan Y.
2.      Koordinat X berposisi Horisontal.
3.      Koordinat Y berposisi Vertikal.
4.      Pertemuan antara setiap titik X dan Y akan membentuk kolom-kolom dan baris-baris.
Berikut ini merupakan contoh grafik batang tentang penemuan jenis manusia purba pada masa praaksara di Indonesia.






  
KD: 3.1 Memahami Usaha Memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Media pembelajaran jenis grafik ini dibuat untuk memenuhi tugas 1 yang pertama, mata kuliah Media Pembelajaran Bidang Studi. Untuk pemilihan grafik saya menggunakan jenis grafik batang, karena dengan jenis grafik ini menurut saya bisa lebih menarik dan sesuai dengan pemilihan KD dan fokus materi saya tentang Jalur Perjuangan Bangsa Indonesia. Pada media grafik tersebut saya membuat materi tentang tahun ditemukannya manusia purba pada masa pra-aksara dengan alasan materi tersebut bisa disajikan dalam bentuk grafik.
Kelebihan dari media grafik ini yaitu, cukup efektif dan mudah dipahami oleh peserta didik, karena tidak hanya berbentuk gambar grafik saja, dibawahnya juga terdapat keterangan tertulis sehingga peserta didik langsung bisa memahami maksud dari grafik tersebut, apa lagi dengan tambahan penjelasan dari pendidiknya. Namun, disisi lain media ini terdapat kekurangan yaitu font pada keterangan kurang besar, sehingga tidak bisa terlihat jelas oleh semua peserta didik.
Proses pembuatannya media ini sebenarnya tidak begitu sulit, hanya saja kita harus cermat mecari materi tentang masa pra aksara yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan grafik. Untuk penulisan nama dan judul fontnya cukup jelas, tidak terlalu kecil, dan bentukya sederhana, hanya saja untuk pewarnaan nama terlalu ramai, hal tersebut seharusnya dihindari karena dapat mengganggu fokus siswa terhadap penjelasan grafik. Mengenai pewarnaan batang grafik sengaja dibuat tidak berwarna. Sebernanya media grafik ini akan lebih bagus lagi apabila juga disertakan gambar dari jenis perjuangan, sehingga peserta didik juga akan tau seperti apa bentuk – bentuk perjuangan Bangsa Indonesia dalam Memperjuangkan Kemerdekaannya.
CHART


KD: 3.1 Memahami Usaha Memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Media pembelajaran jenis grafik ini dibuat untuk memenuhi tugas 1 yang ke dua, mata kuliah Media Pembelajaran Bidang Studi. Pada media ini saya menjelaskan tentang perjuangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan senjata, karena menurut saya materi tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan media chart. Media ini memang belum sempurna tetapi cukup efektif digunakan, karena selain terdapat gambar chart juga terdapat keterangan berupa tulisan dibawahnya. Namun jika tulisannya kecil akan sulit terlihat oleh seluruh peserta didik, terutama yang duduk dikursi paling belakang. Sebenarnya dalam pembuatan media apapun  untuk penulisan keterangan harus lebih diperhatikan, agar penyampaian materi melalui media bisa maksimal.
Dalam proses pembuatan media ini saya mengalami kesalahan pada penulisan keterangan, karena ukuran font yang menurut saya kurang besar, sehingga jika digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik akan sulit membaca keterangan dibawah gambar chartnya. Pemilihan bentuk font pada chart sudah bagus, simpel, tidak alay, dan terlihat jelas.
Sumber Rujukan :

 http://definisipengertian.net/pengertian-grafik-definisi-fungsi-jenis-grafik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar