GRAFIK
Sumber
Rujukan:
Grafik
adalah penyajian data yang terdapat dalam table yang ditampilkan ke dalam
bentuk gambar. Selain itu grafik juga dapat diartikan sebagai suatu kombinasi
data-data baik berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan,
lukisan, yang disajikan dalam sebuah media dengan tujuan memberikan gambaran
tentang suatu data dari penyaji materi kepada para penerima materi dalam proses
menyampaikan informasi.
Karakteristik
grafik yaitu:
1. Memiliki
koordiant X dan Y.
2. Koordinat X
berposisi Horisontal.
3. Koordinat Y
berposisi Vertikal.
4. Pertemuan
antara setiap titik X dan Y akan membentuk kolom-kolom dan baris-baris.
Berikut ini merupakan contoh
grafik batang tentang penemuan jenis manusia purba pada masa praaksara di
Indonesia.
KD: 3.1 Memahami Usaha
Memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.
Media
pembelajaran jenis grafik ini dibuat untuk memenuhi tugas 1 yang pertama, mata kuliah
Media Pembelajaran Bidang Studi. Untuk pemilihan grafik saya menggunakan jenis
grafik batang, karena dengan jenis grafik ini menurut saya bisa lebih menarik
dan sesuai dengan pemilihan KD dan fokus materi saya tentang Jalur Perjuangan
Bangsa Indonesia. Pada media grafik tersebut saya membuat materi tentang tahun
ditemukannya manusia purba pada masa pra-aksara dengan alasan materi tersebut
bisa disajikan dalam bentuk grafik.
Kelebihan
dari media grafik ini yaitu, cukup efektif dan mudah dipahami oleh peserta
didik, karena tidak hanya berbentuk gambar grafik saja, dibawahnya juga
terdapat keterangan tertulis sehingga peserta didik langsung bisa memahami
maksud dari grafik tersebut, apa lagi dengan tambahan penjelasan dari
pendidiknya. Namun, disisi lain media ini terdapat kekurangan yaitu font pada
keterangan kurang besar, sehingga tidak bisa terlihat jelas oleh semua peserta
didik.
Proses
pembuatannya media ini sebenarnya tidak begitu sulit, hanya saja kita harus
cermat mecari materi tentang masa pra aksara yang bisa digunakan sebagai bahan
pembuatan grafik. Untuk penulisan nama dan judul fontnya cukup jelas, tidak
terlalu kecil, dan bentukya sederhana, hanya saja untuk pewarnaan nama terlalu
ramai, hal tersebut seharusnya dihindari karena dapat mengganggu fokus siswa
terhadap penjelasan grafik. Mengenai pewarnaan batang grafik sengaja dibuat
tidak berwarna. Sebernanya media grafik
ini akan lebih bagus lagi apabila juga disertakan gambar dari jenis perjuangan, sehingga peserta didik juga akan tau seperti apa bentuk –
bentuk perjuangan Bangsa Indonesia dalam Memperjuangkan Kemerdekaannya.
CHART
KD:
3.1 Memahami Usaha Memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.
Media
pembelajaran jenis grafik ini dibuat untuk memenuhi tugas 1 yang ke dua, mata
kuliah Media Pembelajaran Bidang Studi. Pada media ini saya menjelaskan
tentang perjuangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia
dengan menggunakan senjata, karena menurut saya materi tersebut bisa dijadikan sebagai
bahan pembuatan media chart. Media ini memang belum sempurna tetapi cukup
efektif digunakan, karena selain terdapat gambar chart juga terdapat keterangan
berupa tulisan dibawahnya. Namun jika tulisannya kecil akan sulit terlihat oleh
seluruh peserta didik, terutama yang duduk dikursi paling belakang. Sebenarnya
dalam pembuatan media apapun untuk
penulisan keterangan harus lebih diperhatikan, agar penyampaian materi melalui
media bisa maksimal.
Dalam proses pembuatan media ini
saya mengalami kesalahan pada penulisan keterangan, karena ukuran font yang
menurut saya kurang besar, sehingga jika digunakan sebagai media pembelajaran
peserta didik akan sulit membaca keterangan dibawah gambar chartnya. Pemilihan
bentuk font pada chart sudah bagus, simpel, tidak alay, dan terlihat jelas.
Sumber Rujukan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar